Rabu, 28 Agustus 2013

PKN

HASIL PENGAMATAN PENERAPAN NILAI PANCASILA TERHADAP MASYARAKAT  DI SEKITAR LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL


SILA
INDIKATOR
KONDISI RIIL/NYATA
ALASAN
SOLUSI
1
- Ketaqwaan





- Toleransi
Meningkat





Meningkat

Terlihat pada Bulan Ramadhan kemarin, masyarakat di tempat tinggal saya melaksanakan puasa, ibadah (sholat tarawih)  bersama-sama di mesjid dekat rumah.

Sama seperti yang diatas, nampak pada bulan  Ramadhan kemarin dalam pelaksanaannya terlihat masyarakat di tempat tinggal saya melaksanakan ibadah puasa semuanya. 
Masyarakat harus bisa lebih meningkatkan kembali nilai ketaqwaannya setidaknya harus bisa mempertahakan/ tetap.
Masyarakat harus bisa lebih meningkatkan kembali nilai toleransi setidaknya harus bisa mempertahakan/ tetap. 
2
Saling Menyayangi
Tetap

Di tempat tinggal saya, hidup bertetangga dengan baik terlihat pada sikap yang dimiliki orang-orangnya peduli, misalnya apabila ada masalah kecil mereka saling terbuka dan orang yang mendengarkannya memberikan solusi tanpa memberitahukan masalah itu terhadap orang lain. Orang tersebut menunjukan rasa saling menyayangi antar sesama manusia yang memang sudah kodratnya harus begitu.
Masyarakat harus bisa  meningkatkan nilai saling menyayanginya karena hidup itu tidak mungkin akan tetap begitu melainkan harus ada perubahan yang hasilnya lebih baik
3
Gotong Royong
Meningkat

Di tempat tinggal saya, masyarakatnya memegah teguh  rasa gotong royong yang dimilikinya, oleh karena itu ada jadwal rutin dalam rangka pelaksanaannya yaitu jumsih (jumat bersih) dalam kegiatan ini masyarakat semuanya turun untuk mewujudkan rasa gotong royong, malahan sekarang di lingkungan tempat tinggal saya banyak mengadakan kegiatan yang mengandalkan kebersamaan misalnya sebelum lebaran kemarin masyarakat di lingkungan tempat tinggal saya memperbaiki jalan yang bolong, rusak yang tidak cukup parah dengan mengumpulkan dana yang diberikan masyarakat. Oleh karena itu, bisa terwujud jalan di tempat tinggal saya bagus kembali atas partisipasi semua masyarakatnya  itu terlihat dalam menyumbang uangna maupun tenaganya.
Masyarakat harus bisa lebih meningkatkan kembali nilai gotong-royong setidaknya harus bisa mempertahakan/ tetap.
4
Musyawarah
Meningkat

Telihat jelas dimasyarakat saya, karena setiap ada kegiatan atau acara tanggapannya selalu aktif, dan dalam pelaksanaan pengambilan keputusannya selalu dengan cara musyawarah agar semua masyarakatnya dapat berpasrtisipasi semuanya dalam suatu kegiatan itu. Contohnya : kemarin dalam rangka merayakan HUT RI masyarakat disini mengadakan acara hiburan untuk merayakannya sebelumnya organisasi Karang Taruna menampung aspirasi masyarakatnya untuk mengeluarkan ide-idenya. Setelah ditampung barulah diputuskan acara-acara apa saja yang akan dilaksanakan. Hasilnya ada upacara memperingati HUT RI yang dilaksanakan oleh pemuda/, bapak/ibu, bahkan lansia (nenek/kakek) terwujud karena semangat yang dimiliki masing-masing sangat besar.Luar biasa bukan?setelah itu dilanjutkan dengan acara hiburan. Itulah salah satu contoh yang membuktikan bahwa masyarakat di tempat tinggal saya bermusyawarah itu sudah menjadi ideologinya dalam melaksanakan kegiatan yang menyangkut banyak orang, sehingga terlihat jelas bahwa kedepannya akan meningkat dikarenakan anak-anaknya sudah terdidik dengan mencontoh perilaku orang tuanya.
Masyarakat harus bisa lebih meningkatkan kembali nilai musyawarah setidaknya harus bisa mempertahakan/ tetap.
5
Tolong Menolong
Meningkat

Di lingkungan tempat tinggal saya, rasa tolong-menolong sudah melekat di dirinya masing-masing, karena hidupnya itu tidak individualistis melainkan mempunyai ideologi bahwa manusia itu mahluk sosial (yang tidak dapat hidup sendiri). Contohnya : apabila ada yang mempunyai hajat (nikah atau syukuran dll) masyarakatnya langsung saling berdatangan ke rumah yang mempunyai hajat dengan maksud untuk membantu/menolong dalam hal memasak,keamanan. Masyarakatnya saling tolong-menolong atau bantu-membantu dengan tidak mengharapkan pamrih bisa dikatakan ikhlas. Nah itu contoh kecil yang menunjukan sikap tolong menolong di sekitar lingkungan tempat tinggal saya itu ada malahan meningkat.
Masyarakat harus bisa lebih meningkatkan kembali nilai tolong-menolong setidaknya harus bisa mempertahakan/ tetap.


Total Tayangan Laman

Pengikut

Kesehatan