Senin, 07 Desember 2015

PAPAP

Dear someone my future,
Tepatnya tanggal 7 Desember 2015, aku baru terbangun dalam mimpi ku yang baru kusadari. Ternyata jawaban yang aku nantikan sudah ku dapatkan.Entah aku yang bodoh atau aku yang tolol yang selalu membiarkanmu dan memberikanmu peluang untuk berpaling dariku.Aku selalu memaafkanmu jauh-jauh hari ketika aku mengetahui sikap dan perilakumu yang mengkhianatiku.Aku seperti ini karena aku benar-benar mencintaimu.Bahkan orang diluar sana pasti menilai diriku sebagai wanita terbodoh yang pernah mereka kenal.Aku selalu tau gerak-gerik perilakumu tapi aku sangat sanggup menyembunyikan semuanya darimu ketika kita bersama, demi perasaanku ini terhadapmu. Aku tahu diriku menyiksa batinku dan pikiranku sendiri.Saat bersama denganmu berhari-hari disitu aku merasa kamu sangat menghargai perasaanku, aku tahu kamu orang yang baik dan kamu juga punya masa lalu yang tak bisa kamu lupakan. Aku bisa terima, tapi aku mohon biarkan masa lalumu hanya sejenak berada di segelintiran pikirinmu.Kamu selalu mengajariku untuk menjadikan masa laluku sebagai guru pengalaman dalam hidupku dan kamu juga bilang jangan pernah sekali-kali lagi kamu menginginkan masa lalumu hadir dan mengganggu hidupmu dimasa depan.Tapi ternyata kamu yang tak bisa lepas dari masa lalumu. Aku bisa mengerti kenapa kamu seperti ini,Aku bersyukur kamu mendapatkan motivasi, pikiran panjang for your future dari masa lalumu, itu pilihanmu hanya saja hati ini begitu cemburu.Tapi aku sekarang tahu walaupun kamu tidak bisa melupakan masa lalumu, sebenarnya hati kamu itu hanya mencintai dan menyayangi satu wanita yaitu aku.
Terima kasih kamu sudah mencintai dan menyayangiku sepenuh hatimu.
Terima kasih kamu sudah menghargai perasaanku akhir-akhir ini.
Terima Kasih kamu sudah memberikan jawaban yang aku tunggu-tunggu dari dulu.

Senin, 21 September 2015

ADA RINDU ~Evie Tamala

Ada rindu di malamku
Ada resah di tidurku
Ada tangis di hatiku
Ada hasrat yang menggebu
Ada engkau di anganku
Bermain dalam khayalku
Ada senyum di mataku
Yang menyiksa pandanganku
Reff
Ingin berjumpa denganmu
Walau sekedar di mimpiku
Walau sekedar di mimpiku
Sampai kapankah menunggu
Hari-hari indah denganmu
Hari-hari indah denganmu
Aku tak bisa, aku tak kuasa
Bila tak bertemu, bila ku tanpamu
(kembali ke reff)
Ada rindu di malamku
Ada resah di tidurku
Ada senyum di mataku
Yang menyiksa pandanganku

TAK PERLU KHAWATIR LAGI

Tepatnya tanggal 18 September 2015, aku bertemu denganmu di Jatinangor. Sekitar 1 bulan kita tidak bertemu melepas rasa rindu. Disini we are dinner together in waroeng "SS". Aku melihat dari matamu, senyummu, dan gerak-gerikmu yang membuatku kini tidak khawatir lagi. Kini kamu terlihat bahagia dengan dunia baru kamu.Jujur, hatiku bahagia...

Aku menemanimu dengan perasaan yang tulus, dan tentunya ikhlas.Tadinya aku khawatir terhadap dirimu, tapi aku tau kamu lelaki yang kuat. Aku seneng banget, liat kamu bahagia sekarang. Doaku selalu untukmu, semoga kamu mendapatkan teman dan orang yang dapat memotivasi hidupmu lebih dari aku yang sekarang. Sekarang aku sudah bisa merelakanmu, asalkan kamu bahagia aku pun ikut bahagia.Kamu layak hidup bahagia.Maafkan aku yang hanya bisa membuatmu marah.

Aku memang sayang, cinta kepadamu. Tapi sekarang aku tau, bahwa rasa sayang dan cinta itu tidak harus saling memiliki. Kebersamaan kita sebentar lagi, kamu tau kok alesannya. Mulai sekarang aku gak mau nuntut apa2 lagi.Aku takut, gak bisa terbiasa tanpamu. Aku takut kehilangan kamu. Tapi harus bisa, kita punya masa depan masing2 yang masih menjadi mistery dalam hidup kita sekarang. Hingga waktunya tiba, entah itu dari pihakku atau pihakmu yang membuat kita terpisah lagi, tentunya aku sudah siap. Percayalah pada komitmen kita yang sudah kita buat. Aku akan selalu ingat. Ada saatnya kita bersama dan disitu juga ada saatnya kita berpisah. Disaat kamu membaca ini, tolong kamu nilailah dari sudut pandang pihakku dan pihakmu.Inget ya kata2mu kalo jodoh gak bakal kemana.

Terimakasih kamu sudah membuat hidupku bahagia selama ini,
Terima kasih atas kenangan-kenangan yang telah kita buat.
Terima Kasih telah mewarnai hari-hariku dengan segala rasa terhadapku.











moment with papap :*

Minggu, 09 Agustus 2015

TETAP DALAM JIWA

Iya ini sebuah judul lagu, isi lagu ini cocok dengan suasana hatiku sekarang.

Tak pernah terbayang akan jadi seperti ini pada akhirnyaSemua waktu yang pernah kita lewati bersamanya telah hilang dan sirnaHitam Putih berlaluJanji kita menungguTapi kita tak mampuSeribu satu cara kita lewati tuk dapati semua jawaban ini
Bila memang harus berpisahAku akan tetap setiaBila memang ini memang ujungnyaKau kan tetap ada di dalam jiwaTak bisa tuk teruskanDunia kita berbedaBila memang ini ujung nyaKau kan tetap ada di dalam jiwa
Memang tak mudah tapi ku tetap menjalani kosong nya hatiBuanglah mimipi kita yang pernah terjadi dan simpan tuk jadi history
Hitam putih berlaluJanji kita menungguTapi kita tak mampuSeribu satu cara kita lewati tuk dapati semua jawaban ini
Bila memang harus berpisahAku akan tetap setiaBila memang ini memang ujungnyaKau kan tetap ada di dalam jiwaTak bisa tuk teruskanDunia kita berbedaBila memang ini ujung nyaKau kan tetap ada di dalam jiwa
Tak bisa tuk teruskanDunia kita berbedaTak bisa tuk teruskanDunia kita berbedaTak bisa tuk teruskan..(ouw..ho)Dunia kita berbedaTak bisa tuk teruskanDunia kita berbeda
Bila memang harus berpisahAku akan tetap setiaBila memang ini memang ujungnyaKau kan tetap ada di dalam jiwaTak bisa tuk teruskanDunia kita berbedaBila memang ini ujung nyaKau kan tetap ada di dalam jiwa

Untuk lukman fauzan seseorang yang aku cintai dari dulu sampai sekarang, iya aku tahu sesuatu yang dipaksakan tidaklah baik.Hubungan kita sudah terlampau lama, semua sudah terlewati.Dulu kita punya impian tapi sekarang itu hanya sebuah sejarah yang kita ciptakan.Aku tahu sekarang kamu sedang fokus untuk masa depan tentu saja kariermu.Tadinya aku ingin selalu disamping kamu saat-saat seperti ini, ya sudahlah Tuhan berkata lain. 

Inget gak pap? senang, sedih, suka duka, gak punya uang, punya uang kita udah ngerasain.Saat kamu down aku selalu ada disampingmu.Iya emang kamu sering buat aku kecewa, sakit hati, bikin aku stress tapi aku selalu memaafkanmu satu hal yang bisa membuatku seperti ini. "Because I love you, and love lusa" Kalian penyemangat hidupku, penggugah masa depanku, guru terhebat dalam kehidupanku sekarang dan selamanya.

Wajar aku sering jatuh bangun saat hubungan dengamu.Tapi aku gak akan pernah mengulangi kejadian kita dengan pasangan yang lain.Cukup kamu yang bikin aku bahagia, sedih, tertawa, dan menangis.Sekarang kita berjalan diatas bumi ini dengan masing-masing kaki juga pikiran kita.Kamu boleh lupa terhadap annisa khoerunnisya.Tapi ingat ! janganlah kamu lupakan lusa, jadikan lusa cita-cita dikemudian hari untukmu dan diriku. 

Aku selalu berdoa, semoga kamu bisa menjalani dan menerima hidup ini tanpa menyalahkan orang lain. Jadilah lelaki sejatinya, yang akan menjadi imam seseorang yang spesial di dalam hidupmu. Semoga kamu bisa menggapai cita-cita dan impian yang sedang kau rakit sekarang. Kamu pasti bisa, aku yakin. Satu hal jaga hatimu, dan jangan abaikan perintah ibadah kapanpun dan dimanapun.















Jumat, 17 April 2015

TERIMA KASIH

aku senang
aku sedih
aku kecewa
aku benci
aku sayang.......

Aku senang sewaktu melihat kata-kata itu, tapi aku sedih sangat sedih mengartikan kata-katamu, disana aku kecewa karenamu, dan juga aku benci terhadapmu, tapi disitu juga aku sayang kamu.

Memang waktu telah berlalu, kita telah lalui bersama dengan berbagai rasa kita sudah pernah lalui.
Moment-moment kita lewati dengan sejuta kenangan yang tidak bisa aku lupakan sampai akhir hayatku.

Rasa sayangku, akan selalu ada karena sampai kapanpun kita akan mempunyai ikatan
Rasa benciku, akan kuingat yang ada di surga untuk mengurangi bahkan menghilangkannya


Semakin hari semakin banyak terlintas di pikiranku tentang semuanya,
Apa kamu merasakan rasa kehilangan?
Kita sudah berbeda,
Berbeda pikiran, keinginan bahkan perasaan masing-masing
Tapi kita punya tujuan hidup masing-masing

Kita sama-sama jadi pribadi yang baru yang akan menjadi lebih baik dari kemarin
Aku disini
Kamu disana
Akan mendapatkan kebahagiaan masing-masing
Semoga kamu bisa bahagia dengan kebahagiaan sempurna


Selamat dengan kebahagiaan yang kamu sudah dapat sekarang,

Terima kasih kamu sudah ingat dengan yang di surga,
Terima kasih untuk rasa pertanggung jawaban kamu di dunia dan akhirat nanti





Sabtu, 21 Maret 2015

AKHIR KISAH CINTAKU

Cinta Sejati ?
Selama ini aku kira ada sebuah pasangan dengan kisah cinta sejati mereka, memang benar ada.
Selama ini aku menjalani sebuah hubungan dengannya dengan niat seriusku berharap yang terbaik, aku kira hubungan ini yang dikatakan "Cinta Sejati" nyatanya bukan,
Kenapa? Iya ,karena hari ini akhir yang aku anggap ini cinta sejatiku.
Cinta yang penuh kasih sayang dariku, perhatianku, pengorbananku, bahkan sakit hati yang kurasa ada pada awal sampai akhir.
Aku begitu menikmati suasana bahagia, sedih, marah di setiap harinya.
Rasa sabarku menyelimuti rasa marahku.
Iya, aku yang pertama berkorban semuanya pada hubungan pertama kita. Ingatkah?
Ternyata rasa cintaku membuatku begitu menguasai diriku.
Apadaya setiap hari dia membuattu ketawa, membuatku menangis.
Apalah itu semua? Aku hanya menuruti kata hati.
Selama itu aku bisa hidup walaupun, bantinku sangat terluka.
Suatu saat dia diketahui menghianatiku dengan beberapa ketika dia seharusnya ada disampingku.
Apa itu kurang kejam bagimu?
Apa itu kurang puas bagimu?
Yang kukira engkau serius terhadapku dan aku selalu mempertahankanmu,
Tapi apa balasanmu?
Ketika seorang laki-laki harus bertanggung jawab, dia meninggalkanku dengan seenaknya dengan tanpa beban, dan malah dia menikmati hidupnya dengan wanita lain.
Ingatkah kamu, dunia berputar !
Aku berdiri tegak sendiri dengan kesalahanku dan kesalahan dia.
Aku memulai hidup baruku, sendirian.
Disaat itu juga ketika hidupku terasa damai dia datang kembali.
Disaat itu juga lagi-lagi aku memilihmu,
apakah ini hal bodoh lagi?
Ya. mungkin
Lagi-lagi aku memilihmu karena hati ini.
Ketika kita saling menjalani hubungan ini, dan aku merasa bahagia walaupun kebahagiaanku terbayang oleh tingkah bajinganmu.
Saat itu dia berubah, aku tahu ini karena rasa bersalahnya terhadapku.
Dan aku senang dengan perubahannya.
Dan hari ini dia berubah dia menjadi seorang bajingan, brengsek lagi
Dia bilang "Aku sudah puas mempermainkanmu"
Saat itu badan terasa lemas, tak ada tulang, tak bisa gerak, yang keluar hanya air mata.
Memang benar, orang bajingan akan tetap menjadi seorang bajingan begitu juga orang yang brengsek akan tetap menjadi seorang yang brengsek.
Hanya beberapa bulan dia menjadi baik,
Terima Kasih buat dia yang bajingan.
Terima kasih sudah mempermainkan ku
Terima Kasih sudah berubah, sudah pernah menjadi mimpi cinta sejatiku.
Lusa, kini hanya cuma cerita lama ku bersama dia, yang akan mengikuti alur kehidupan masing-masing.
Cinta Sejati yang akan menjadi benar-benar ada kini hanya mimpi bagiku,
Dan Tak akan ada lagi Cinta Sejati dalam hidupku.
Dengan benar-benar sekarang aku memang harus melupakanmu demi lusa, dan kehidupannku kelak.
Aku mengerti.


Kamis, 26 Februari 2015

Surat Dari " Segumpal Darah "

Papap, Bunda Lusa disini merindukan kalian, apa kalian sudah tidak ingat lagi sama lusa.
Ingatkah papap ketika kamu membiarkan bunda menderita sendirian, tanpa ditemani papap Aku dan bunda merasakan betapa sengsaranya hidup di dunia tanpa papap.
Papap, aku melihat dan terus melihat tetesan air mata  yang dikeluarkan oleh bunda dan merasakan bagaimana hancurnya hati bunda saat itu.
Aku ikut sedih, menangis dan ikut merasakannya pap.
Aku tahu papap gak mau aku hidup kan, tapi apa bunda menginginkan itu.
Hanya bunda yang mau peduli terhadapku pap, aku tahu segalanya tentang bunda.
Disaat papap sedang berusaha menyingkirkanku, bunda mempunyai niatan menolak, dia sekuat tenaga mempertahankanku dan tidak memikirkan masa depannya.
Papap ingat? ketika bunda meminum obat-obatan atau semacamnya yang hanya dia inginkan bukan aku saja yang tiada tetapi bunda juga ingin ikut tiada bersama lusa.
Ketika papap, mulai mengundur-ngundur waktu bunda merasa senang.
Dia memikirkan aku, memikirkan aku agar tetap hidup.
Tiap hari bersama papap, bunda merasa mendingan, di suatu saat papap ketahuan oleh bunda papap selingkuh dibelakang bunda, dan pada saat lusa ada.
Apa papap tidak membayangkan betapa hancurnya hati bunda dan lusa saat itu.
Bunda terlalu sayang terhadap papap, lusa tahu itu.
Apapun dia korbankan demi papap, keluarganya pun dia abaikan.
Disaat papap mencakar bunda, lusa merasakan sakitnya dan betapa luar biasanya sakit yang di derita bunda, lusa ingin membantu bunda menyadarkan papap.
Bahwa lusa ada karena rasa cinta papap dan bunda, papap sudah berani-berani bersumpah di kitab suci agama kita.
Tapi apa papap berbohong, di depan tuhan papap, bunda dan lusa.
Papap, betapa membelanya seorang bunda demi lusa, dia berani mengorbankan dirinya demi lusa. Dia tidak tahu malu, dia hanya sendiri memikul masalahnya.
Suatu malam bunda, ingin pergi dari dunia ini bersamaku pap.
Kemanapun kami hanya berdua, Papap kemana? apa tidak memikirkan kami berdua? kami berdua sangat sayang sama papap.
Tapi apa, kalian membenciku.
Papap, bunda lusa sayang kalian, sangat sayang, begitu juga sebaliknya kan? aku tahu aku belum saatnya ada diantara kalian berdua, tapi itu takdir dan buah hasil perbuatan kalian.
Papap, bunda aku rela kalian semua telah berbuat begitu terhadapku, demi masa depan kalian kan?
kalian janji kan, tidak akan melakukan perbuatan yang sama kepada adikku kelak?
kalian harus janji yah, sekarang aku sudah di tempat yang paling enak (surga) terima kasih papap, bunda kalian sudah mengirimkan aku ketempat yang indah ini.
Papap, bunda kalian harus taubat nasuha yah, biar lusa bisa jemput papap dan bunda, lusa entar bakalan menunggu kalian dan menjemput kalian dan adik-adik lusa yah.
Papap, bunda kalian jangan sampai melakukan kesalahan lagi, aku ingin berkumpul bersama kalian disini.
Disini tempatnya enak pap, bun pasti kalian senang melihat lusa bahagia disini.
Lusa menunggu papap, bunda dan adik-adik lusa.
Lusa selalu berdoa kepada tuhan lusa, semoga kalian bisa bersama sampai akhir hayat.
Lusa akan merasa sedih jika lusa, tidak bisa bersama kalian.
Pokoknya jangan sampai adik-adik lusa seperti lusa yah, inget yah, papap, bunda taubat nasuha.
Papap bimbing bunda yah buat sekarang dan kelak nanti.
Lusa sayang papap dan bunda.

Kamis, 19 Februari 2015

PERHITUNGAN NILAI IPK

MATEK IBD
KOMPONEN PENILAIAN PENILAIAN KOMPONEN PENILAIAN PENILAIAN
BOBOT NILAI HASIL BOBOT NILAI HASIL
absensi 10% 100 10 absensi 10% 100 10
tugas 10% 60 6 tugas 10% 60 6
presentasi 15% 60 9 presentasi 15% 60 9
UTS 25% 25 6.25 UTS 25% 25 6.25
UAS 40% 85 34 UAS 40% 80 32
TOTAL 65.25 TOTAL 63.25
MENE MIKRO
KOMPONEN PENILAIAN PENILAIAN KOMPONEN PENILAIAN PENILAIAN
BOBOT NILAI HASIL BOBOT NILAI HASIL
absensi 10% 100 10 absensi 10% 100 10
tugas 10% 65 6.5 tugas 10% 68 6.8
presentasi 15% 65 9.75 presentasi 15% 60 9
UTS 25% 37 9.25 UTS 25% 66 16.5
UAS 40% 85 34 UAS 40% 80 32
TOTAL 69.5 TOTAL 74.3
HUKUM INGGRIS
KOMPONEN PENILAIAN PENILAIAN KOMPONEN PENILAIAN PENILAIAN
BOBOT NILAI HASIL BOBOT NILAI HASIL
absensi 10% 100 10 absensi 10% 100 10
tugas 10% 70 7 tugas 10% 77 7.7
presentasi 15% 60 9 presentasi 15% 60 9
UTS 25% 59 14.75 UTS 25% 60 15
UAS 40% 80 32 UAS 40% 80 32
TOTAL 72.75 TOTAL 73.7
AK MATA KULIAH SKS NILAI MUTU
KOMPONEN PENILAIAN PENILAIAN MATEK 2 C 4
BOBOT NILAI HASIL MENE 2 C 4
absensi 10% 100 10 HUKUM 2 B 6
tugas 10% 97 9.7 IBD 2 C 4
presentasi 15% 65 9.75 MIKRO 2 B 6
UTS 25% 79 19.75 INGGRIS 2 B 6
UAS 40% 80 32 AK 4 A 16
TOTAL 81.2 BISNIS 2 A 8
APLIKOM 2 B 6
BISNIS TOTAL 20 60
KOMPONEN PENILAIAN PENILAIAN IPK 3
BOBOT NILAI HASIL
absensi 10% 100 10
tugas 10% 60 6
presentasi 15% 60 9
UTS 25% 89 22.25
UAS 40% 90 36
TOTAL 83.25
APLIKOM
KOMPONEN PENILAIAN PENILAIAN
BOBOT NILAI HASIL
absensi 10% 100 10
tugas 10% 70 7
presentasi 15% 70 10.5
UTS 25% 69 17.25
UAS 40% 80 32
TOTAL 76.75

MANAJEMEN KEUANGAN RASIO

PT STIAMAK
Neraca per 31 Desember 2010
(Dalam Juta Rupiah)


Aktiva

Aktiva Lancar:
Kas
Efek/Surat Berharga
Piutang
Persediaan (Inventory)
Jumlah Aktiva Lancar

Aktiva Tetap:
Mesin
Akumulasi Penyusutan


Bangunan
Akumulasi Penyusutan


Tanah
Intangible

Jumlah Aktiva Tetap

Jumlah Aktiva




200
200
160
840
1.400


700
100
600

1.000
200
800

100
100
1.000
1.600

3.000


Hutang dan Modal Sendiri

Hutang Lancar:
Hutang Dagang
Hutang Wesel
Hutang Pajak
Jumlah Hutang Lancar

Hutang Jangka Panjang:
5% Obligasi

Modal Sendiri:
Modal Saham
Agio Saham


Laba Ditahan
Modal Sendiri




Jumlah Hutang dan Modal Sendiri




300
100
160
560


600


1.200
200
1.400

440
1.840





3.000


PT STIAMAK
Laporan Rugi dan Laba yang Berakhir Tanggal 31 Desember 2010
(Dalam Jutaan Rupiah)

Penjualan
Harga Pokok Penjualan
Laba Bruto
Biaya-biaya administrasi dan umum
Keuntungan sebelum bunga dan pajak (EBIT)
Bunga Obligasi (5% x Rp600)
Keuntungan sebelum pajak
Pajak Penghasilan
Keuntungan Neto sesudah pajak (EAT)

4.000
3.000
1.000
570
430
30
400
160
240
Berdasarkan data dari Neraca dan Laporan Rugi/Laba dapat dihitung rasio keuangan sebagai berikut:

Rasio
Metode Penghitungan
Interpretasi
I.    Rasio Likuiditas


a.    Current Ratio
Aktiva Lancar/Hutang Lancar = Rp1.400/ 560 = 2,5 : 1 atau 250%
Kemampuan untuk membayar hutang yang segera harus dipenuhi dengan aktiva lancar. Setiap hutang lancar Rp1,00 dijamin oleh aktiva lancar Rp2,50
b.    Cash Ratio (Ratio of immediate solvency)
(Kas+Efek)/Hutang Lancar = (200+200)/560= 0,71 : 1 atau 71%
Kemampuan untuk membayar hutang yang segera harus dipenuhi dengan kas yang tersedia dalam perusahaan dan efek yang segera dapat diuangkan. Setiap hutang lancar Rp1,00 dijamin oleh kas dan efek Rp0,71.
c.    Quick (Acid Test) ratio
(Kas+Efek+Piutang) / Hutang Lancar = (200+200+160)/560 = 1:1= 100%
Kemampuan untuk membeyar hutang yang segera harus dipenuhi dengan aktiva lancar yang lebih likuid (quick assets). Setiap hutang lancar Rp1,00 dijamin oleh quick assets Rp1,00
d.    Working Capital to Total Assets Ratio
(Aktiva Lancar-Hutang Lancar)/Jumlah Aktiva = (1.400 – 560)/3.000 = 0,28 : 1 = 28%
Likuiditas dari Total Aktiva dan Posisi Modal Kerja (neto)
II.  Rasio Leverage


a. Total Debt to Total Assets Ratio
(Hutang Lancar + Hutang Jangka Panjang)/Jumlah Aktiva  = (560+600)/1.840 = 0.63 : 1 atau 63%
Bagian dari setiap rupiah modal sendiri yang dijadikan jaminan untuk keseluruhan hutang.
Sejumlah Rp0, 63 dari setiap rupiah modal sendiri menjadi jaminan setiap Rp1,00 hutang
b. Total Debt to Total Capital Assets
(Hutang Lancar + Hutang Jangka Panjang) / Jumlah Modal(Aktiva) = (560+600)/3.000 = 0,39:1 atau 39%
Beberapa bagian dari keseluruhan kebutuhan dana yang dibelanjai dengan hutang atau beberapa bagian dari aktiva yang digunakan untuk menjamin hutang atau
Rp0,39 dari setiap rupiah aktiva digunakan untuk menjamin hutang
c.  Long Term Debt to Equity Ratio
(Hutang Jangka Panjang/Modal Sendiri) = 600/1.840 = 0,33 : 1 atau 33%
Bagian dari setiap rupiah modal sendiri yang dijadikan jaminan untuk hutang jangka panjang.
Rp0,33 dari setiap rupiah modal sendiri digunakan untuk menjamin hutang jangka panjang
d.  Tangible Assets Debt Coverage
(Jumlah Aktiva-Intangible-Hutang Lancar)/Hutang Jangka Panjang  = (3.000 – 100 - 560) / 600 = 3,9 : 1 atau 390%
Besarnya aktiva tetap tangible yang digunakan untuk menjamin hutang jangka panjang setiap rupiahnya. Setiap rupiah hutang jangka panjang dijamin oleh aktiva tangible sebesar Rp3,90
e.  Times Interest Earned Ratio
EBIT/Bunga Hutang Jangka panjang = 430/30 = 14,3X
Besarnya jaminan keuntungan untuk membayar bunga hutang jangka panjang.
Setiap rupiah hutang jangka panjang dijamin oleh keuntungan Rp14,33
III. Rasio Aktivitas


a. Total Assets Turnover
Penjualan Neto/Jumlah Aktiva  = 4.000 / 3.000 = 1,33 : 1 atau 1,33x
Kemampuan dana yang tertanam dalam keseluruhan aktiva berputar dalam suatu periode tertentu atau kemampuan modal yang diinvestasikan untuk menghasilkan ‘revenue’.
Dana yang tertanam dalam keseluruhan aktiva rata-rata dalam satu tahun berputar 1,33X atau setiap rupiah aktiva selama setahun menghasilkan ‘revenue’ sebesar Rp1,33
b. Receivable Turnover
Penjualan Kredit/Piutang Rata-rata = 4.000/160 = 25x
Kemampuan dana yang tertanam dalam piutang berputar dalam suatu periode tertentu. Dalam satu tahun rata-rata dana yang tertanam dalam piutang berputar 25x
c. Average Collection Periode
(Piutang Rata-rata x 360)/Penjualan Kredit = (160x360)/4.000 = 14,4 hari atau 15 hari
Periode rata-rata yang diperlukan untuk mengumpulkan piutang. Piutang dikumpulkan rata-rata setiap 15 hari sekali. Makin kecil harinya makin baik.
d. Inventory
    Turnover
Harga Pokok Penjualan/Inventory Rata-rata = 3.000/840 = 3,6x
Kemampuan dana yang tertanam dalam inventory berputar dalam suatu periode tertentu atau likuiditas dari inventory dan tendensi untuk adanya ‘overstcok’.
e. Average day’s Inventory
(Inventory Rata-rata x 360)/Harga Pokok Penjualan = (840x360) / 3.000 = 10 hari
Periode menahan persediaan rata-rata atau periode rata-rata persediaan barang berada di gudang.
Inventory berada di gudang rata-rata selama 10 hari.
f. Working Capital Turnover
Penjualan Neto/(Aktiva Lancar – Hutang Lancar) = 4.000/(1.400 – 560) = 4,76x atau 4,8x
Kemampuan modal kerja (neto) berputar dalam suatu periode siklis kas (cycle cash) dari perusahaan.
Dana yang tertanam dalam modal kerja berputar rata-rata 4,8x dalam setahunnya.
III.   Rasio Keuntungan


a. Gross Profit Margin
(Penjualan Neto-Harga Pokok Penjualan) / Penjualan Neto = (4.000–3.000) /4.000 = 25%
Laba bruto per rupiah penjualan. Setiap rupiah penjualan menghasilkan laba bruto Rp0,25.
b. Operating Income Ratio (Operating Profit Margin)
(Penjualan Neto -Harga Pokok Penjualan - Biaya administrasi, umum, penjualan) / Penjualan  Neto = (4.000-3.000-570) / 4.000 = 10,75% = 11%
Laba operasi sebelum bunga dan pajak (neto operating income) yang dihasilkan oleh setiap rupiah penjualan. Setiap rupiah penjualan menghasilkan laba operasi Rp0,11.
c. Operating Ratio
(Harga Pokok Penjualan + Biaya-biaya administrasi, penjualan, umum) / Penjualan Neto = (3.000 + 570)/ 4.000 = 89,25%
Biaya operasi per rupiah penjualan. Setiap rupiah penjualan mempunyai biaya operasi Rp0,89.
Makin besar rasio ini berarti makin buruk.
d. Net Profit Margin (Sales Margin)
Keuntungan Neto Sesudah Pajak / Penjualan  Neto = 240/4.000 = 6%
Keuntungan neto per rupiah penjualan. Setiap rupiah penjualan menghasilkan keuntungan neto sebesar Rp0,06.
e. Earning Power of Total Investment (Rate of Return an Total Assets)
EBIT/Jumlah Aktiva = 430/3.000 = 14,3%
Atau
Operating Profit Margin x Total Assets Turnover = 19,75% x 1,33 = 14,3%
Kemampuan dari modal yang diinvestasikan dalam keseluruhan aktiva untuk menghasilkan keuntungan bagi semua investor (pemegang obligasi + saham). Setiap satu rupiah modal menghasilkan keuntungan Rp0,14 untuk semua investor.
f. Net Earning Power Ratio (Rate of Return on Investment / ROI)
Keuntungan Neto sesudah Pajak/Jumlah Aktiva = 240/3.000 = 8%
Kemampuan dari modal yang diinvestasikan dalam keseluruhan aktiva untuk menghasilkan keuntungan neto..
g. Rate of Return for the owners (Rate of Return on Net Worth)
Keuntungan Neto sesudah Pajak/Jumlah Modal Sendiri = 240/1.840 = 13%
Kemampuan dari modal sendiri untuk menghasilkan keuntungan bagi pemegang saham preferen dan saham biasa.
Setiap rupiah modal sendiri menghasilkan keuntungan neto Rp0,13 yang tersedia bagi pemegang saham preferen dan saham biasa..









Total Tayangan Halaman

Pengikut

Kesehatan